Wahyudi, I Wayan Dwi (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bulutangkis Teknik Dasar Forehand Drive Pada Peserta Didik Kelas X C di SMA Negeri 1 Bebandem Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1816011079-COVER.pdf Download (629kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1816011079-ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011079-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1816011079-LAMPIRAN.pdf Download (530kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bulutangkis teknik dasar forehand drive melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan aplikasi TikTok pada peserta didik kelas X C di SMA Negeri 1 Bebandem tahun ajaran 2023/2024. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan aplikasi TikTok mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata nilai peserta didik yang meningkat dari 60,46 pada tes awal menjadi 74,12 pada akhir siklus pertama, dan mencapai 83,28 pada akhir siklus kedua. Ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 40% pada awalnya menjadi 84% pada akhir siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan aplikasi TikTok efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar forehand drive permainan bulutangkis. Penggunaan media yang sesuai dengan minat peserta didik terbukti dapat meningkatkan semangat dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Koperatif, Numbered Headd Together, TikTok, Hasil Belajar, Forehand Drive |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Wayan Dwi Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:12 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |