Widama Wartadinata, Gede (2025) The Implementation Of The Five Core Values By The English Teachers At Grade VII At Smp 3 Sukasada In The Academic Year 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021201-COVER.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021201-ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METOLOGI PENELITIAN)
1812021201-BAB 3 METOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021201-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas guru Bahasa Inggris menerapkan lima nilai inti seperti: religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong dalam pembelajaran kelas VII di SMP 3 Sukasada pada tahun ajaran 2024/2025. Kajian ini muncul sebagai respons atas pentingnya pendidikan karakter dalam sistem kurikulum serta tantangan-tantangan praktis yang dihadapi guru dalam pelaksanaannya di kelas. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru, serta penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru memahami pentingnya pendidikan karakter dan berupaya mengintegrasikannya dalam pelajaran, masih terdapat beberapa kendala. Hambatan tersebut mencakup keterbatasan bahan ajar, penggunaan berlebihan alat AI seperti ChatGPT oleh siswa, serta ketidaksesuaian jumlah buku antar tahun ajaran. Untuk mengatasi hal ini, guru menerapkan metode kontekstual, memanfaatkan kearifan lokal, dan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini menyoroti perlunya dukungan yang lebih maksimal agar guru dapat menerapkan nilai-nilai karakter secara efektif dalam pembelajaran bahasa, serta menjadi acuan untuk pengembangan pendidikan ke depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, 5 nilai inti, guru bahasa inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gede Widama Wartadinata |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |