PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR BERGULING SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

riska wulandari, anak agung istri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR BERGULING SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011093-COVER.pdf

Download (656kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011093-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011093-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video terhadap hasil belajar teknik dasar berguling senam lantai pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Pre Test/Post Test Control Group Design. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 378 orang. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tulis objektif dan unjuk kerja siswa. Nilai rata-rata GSn (gain score yang ternormalisasi) kelompok eksperimen yaitu 0,78 lebih besar dari nilai rata-rata GSn kelompok kontrol yaitu 0,112. Berdasarkan analisis data melalui uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar berguling senam lantai. Disarankan kepada Guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan video karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Anak Agung Istri Riska Wulandari
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:46
Last Modified: 28 Jul 2020 05:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item