PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 TISTA

Diantara, Pande Kadek Perdi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 TISTA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031156-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031156-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031156-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031156-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031156-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

kontekstual materi perkalian dan pembagian, (2) mengetahui kelayakan multimedia berbasis kontekstual materi perkalian dan pembagian, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia berbasis kontekstual materi perkalian dan pembagian untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas III SD Negeri 1 Tista. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sekolah dasar dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun multimedia berbasis kontekstual materi perkalian dan pembagian berupa media digital yang digambarkan melalui flowchart dan storyboard dengan menggunakan model ADDIE, (2) Validitas multimedia berbasis kontekstual menunjukkan hasil dari uji ahli isi mata pelajaran sebesar 95,45% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,04% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95,1% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,2% (sangat baik), dengan demikian dapat dinyatakan valid, (3) Efektivitas multimedia berbasis kontekstual berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh bahwa nilai t_hitung sebesar 36,3778. Kemudian t_hitung dibandingkan dengan t_tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan db = n-1 = 22 – 1 = 21 sebesar 1,7207. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (36,3778 > 1,7207), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia berbasis kontekstual materi perkalian dan pembagian efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri 1 Tista.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia, Kontekstual, Perkalian dan Pembagian, Pemahaman Konseptual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Pande Kadek Perdi Diantara
Date Deposited: 29 Sep 2025 00:51
Last Modified: 09 Oct 2025 23:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item View Item