PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) SPESIES TUMBUHAN GULMA PADI MENGGUNAKAN LIJ (LEMBAR IDENTIFIKASI JENIS) DI ABIANSEMAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X

Andari, Desak Gede Trisna (2020) PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) SPESIES TUMBUHAN GULMA PADI MENGGUNAKAN LIJ (LEMBAR IDENTIFIKASI JENIS) DI ABIANSEMAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041003-COVER.pdf

Download (290kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041003-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041003-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD menggunakan LIJ, tingkat kepraktisan LKPD menggunakan LIJ dan tingkat efektivitas LKPD menggunakan LIJ. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksploratif dan pengembangan. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu 2 Dosen Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan terkait uji kelayakan produk, 1 Guru Biologi dan 9 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Abiansemal terkait uji kepraktisan produk serta 33 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Abiansemal. Populasi penelitian eksploratif ini adalah seluruh jenis tumbuhan gulma padi di Subak Blahkiuh. Sampel penelitian eksploratif ini adalah seluruh spesies tumbuhan gulma padi yang ada di Subak Blahkiuh yang tercover oleh kuadrat ukuran 1x1 meter sebanyak 30 kali pada masing-masing stasiun penelitian. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode kuadrat, sedangkan untuk penelitian pengembangan menggunakan metode angket untuk mengukur tingkat kelayakan dan kepraktisan produk, metode tes menggunakan post test untuk mengukur tingkat efektivitas produk. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tingkat kelayakan LKPD dilengkapi LIJ layak digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA dengan persentase sebesar 80% dari ahli materi dan 72,22% dari ahli media, (2) tingkat kepraktisan LKPD yang dilengkapi LIJ termasuk kedalam kategori baik sekali dengan respon guru sebesar 89% dan respon dari peserta didik sebesar 81,33% termasuk kedalam kategori baik sehingga dapat dikatakan LKPD praktis digunakan dalam pembelajaran biologi kelas X, (3) tingkat efektivitas LKPD yang dilengkapi LIJ termasuk kedalam kategori sangat tinggi dengan ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 81,81%, sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD yang dilengkapi LIJ efektif digunakan dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Plantae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Gulma Padi, Lembar Kerja Peserta Didik, Subak Blahkiuh
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Desak Gede Trisna Andari
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:05
Last Modified: 28 Jul 2020 03:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item