AN ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION WITH LANGUAGE PROFICIENCY AND SERVICE QUALITY OF TOUR GUIDES IN LOVINA

Adigal, Kadek Mangku Raj (2025) AN ANALYSIS OF TOURIST SATISFACTION WITH LANGUAGE PROFICIENCY AND SERVICE QUALITY OF TOUR GUIDES IN LOVINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2252013021-COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252013021-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252013021-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252013021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2252013021-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252013021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2252013021-BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252013021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252013021-LAMPIRAN.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki kepuasan wisatawan terhadap kemampuan bahasa dan kualitas pelayanan pemandu wisata di Lovina, Bali. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, data dikumpulkan dari 27 wisatawan mancanegara melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan merasa puas dengan ketepatan tata bahasa, kelancaran berbicara, dan kemampuan adaptasi budaya para pemandu, dengan tingkat kepuasan sebesar 86,11%. Dalam hal kualitas pelayanan, 89,74% wisatawan menyatakan puas, khususnya pada aspek ketepatan waktu, keramahan, dan responsivitas. Hasil ini menyarankan perlunya pelatihan berkelanjutan yang berfokus pada komunikasi antarbudaya, kecerdasan emosional, dan penguasaan bahasa asing. Peningkatan ini penting untuk meningkatkan daya saing pariwisata Lovina dan memastikan kesesuaiannya dengan standar internasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bahasa, Kepuasan wisatawan, Kualitas layanan, Lovina, Pemandu wisata
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (D4)
Depositing User: Kadek Mangku Raj Adigal
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:00
Last Modified: 17 Nov 2025 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item