Dewi, Ketut Erika Sintya (2026) EKSPLORASI RESILIENSI GURU TERKAIT PROGRAM PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) BERDASARKAN FAKTOR USIA DAN PENGALAMAN KERJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031372-COVER.pdf Download (258kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031372-ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031372-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031372-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031372-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031372-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031372-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031372-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031372-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru sekolah dasar menghadapi berbagai kendala dalam mengimplementasikan Program Platform Merdeka Mengajar (PMM), seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pelatihan teknis, serta perbedaan kemampuan adaptasi akibat faktor usia dan pengalaman kerja. Kondisi ini menuntut adanya resiliensi agar guru mampu beradaptasi, tetap produktif, dan mendukung keberhasilan program. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi resiliensi guru sekolah dasar dalam menghadapi PMM ditinjau dari faktor usia dan pengalaman kerja.Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, melibatkan 48 guru SD di Gugus IV Kecamatan Abang, namun hanya 33 guru yang berpartisipasi melalui pengisian angket Google Form. Instrumen penelitian berupa kuesioner resiliensi berdasarkan tujuh dimensi Reivich dan Shatté, yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi guru terkait PMM berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 3,04 (68,99%). Ditinjau dari usia, guru 35–50 tahun memiliki resiliensi tertinggi (3,08 atau 77,08%), diikuti guru <35 tahun (3,02 atau 75,57%), dan >50 tahun (3,00 atau 75,00%). Berdasarkan pengalaman kerja, guru dengan masa kerja <10 tahun dan 10–20 tahun memiliki skor sama (3,05 atau ±76%), sedangkan >20 tahun sedikit lebih rendah (2,96 atau 74%). Secara umum, guru menunjukkan kemampuan adaptasi, optimisme, dan ketangguhan yang baik dalam menghadapi tantangan implementasi PMM. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan, dukungan kepala sekolah, serta kebijakan pemerintah yang responsif terhadap kebutuhan guru dengan karakteristik berbeda.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Resiliensi guru, Platform Merdeka Mengajar, Usia, Pengalaman kerja |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | Ketut erika sintya dewi |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:13 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:13 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
