PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MATERI MINUMAN CAMPURAN PADA MATA KULIAH MANAJEMEN MAKANAN DAN MINUMAN

Maharani, Silvia (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MATERI MINUMAN CAMPURAN PADA MATA KULIAH MANAJEMEN MAKANAN DAN MINUMAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081012-COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081012-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan mekanisme pengembangan media belajar PowerPoint yang berfokus dalam materi Minuman Campuran dalam konteks mata kuliah Manajemen Makanan dan Minuman, dengan menerapkan model pengembangan 4D. Penelitian menerapkan pendekatan pengembangan dengan model 4D, yang mencakup empat tahap: Define, Design, Develop, serta Disseminate. Subjek penelitian mencakup para ahli materi, ahli media, serta ahli desain pembelajaran yang berasal dari Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner Universitas Pendidikan Ganesha. Data dikumpukan dengan angket yang menggunakan skala Likert, yang disebarkan kepada para ahli untuk mengevaluasi kelayakan produk yang sedang dikembangkan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi yang mencakup analisis terhadap aspek kelayakan isi, tampilan media, dan desain pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil memperlihatkan di tahap Define, analisis kebutuhan dilakukan dan mengungkapkan mahasiswa masih menghadapi kesulitan dalam memahami materi Minuman Campuran serta mengalami kekurangan dalam variasi sumber belajar. Tahap Design menghasilkan rancangan media pembelajaran berbasis Canva yang disusun dengan pendekatan visual, terstruktur, dan interaktif. Selanjutnya, pada tahap Develop, media telah divalidasi oleh para ahli dan berhasil memperoleh skor kelayakan sebesar 97% dari ahli materi, 94,2% dari ahli media, serta 95,0% dari ahli desain pembelajaran, dengan rata-rata 96,6% termasuk pada kategori <sangat valid=. Di tahap Disseminate, media disebarkan kepada dosen pengampu dan dipublikasikan melalui platform YouTube. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint untuk materi Minuman Campuran memiliki tingkat validitas dan efektivitas yang sangat tinggi. Ini menjadikannya sebagai alat pembelajaran inovatif yang dapat mendukung proses pendidikan dalam mata kuliah Manajemen Makanan serta Minuman di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PowerPoint, Minuman Campuran, Model 4D.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: SILVIA MAHARANI
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:15
Last Modified: 08 Dec 2025 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item