KONTRIBUSI KEBIASAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mahardika, Ni Luh Candra Putri (2020) KONTRIBUSI KEBIASAAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031082-COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031082-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031082-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (2) kontribusi yang signifikan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (3) kontribusi yang signifikan kebiasaan dan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD Gugus III Kecamatan Kuta Selatan yang berjumlah 411 siswa. Penghitungan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan didapat sampel berjumlah 201 siswa. Data kebiasaan dan keaktifan belajar diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 161,28 > Ftabel = 3,89 dan kontribusinya sebesar 44,7%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 199,39 > Ftabel = 3,89 dan kontribusinya sebesar 50%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan dan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 111,480 > Ftabel = 3,042 dan kontribusinya sebesar 53%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Keaktifan Belajar, kompetensi pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Candra Putri Mahardika
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:36
Last Modified: 28 Jul 2020 01:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item