INVESTIGATION OF SUPPORTING AND INHIBITING FACTORS IN TEACHING ENGLISH FOR INCLUSIVE EDUCATION AT SD N 2 BENGKALA, NORTH BALI

TOBING, RUMENTI BR LUMBAN (2026) INVESTIGATION OF SUPPORTING AND INHIBITING FACTORS IN TEACHING ENGLISH FOR INCLUSIVE EDUCATION AT SD N 2 BENGKALA, NORTH BALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2112021027_COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021027_ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021027_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021027_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021027_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021027_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021027_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021027_LAMPIRAN.pdf

Download (851kB)

Abstract

Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi seluruh siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, pengajaran bahasa Inggris dalam konteks ini menghadirkan berbagai tantangan yang menuntut guru menerapkan strategi pembelajaran yang adaptif dan fleksibel. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengajaran bahasa Inggris untuk pendidikan inklusif di SD Negeri 2 Bengkala, Bali Utara, sebuah sekolah yang dikenal mengintegrasikan siswa dengan gangguan pendengaran ke dalam kelas reguler. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan subjek seorang guru Bahasa Inggris. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara mendalam semi-terstruktur. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan panduan wawancara divalidasi menggunakan validitas isi dengan formula Gregory dan menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi. Data dianalisis menggunakan analisis tematik berdasarkan tahapan Braun dan Clarke (2006), sementara keabsahan data dijamin melalui triangulasi metode dengan membandingkan hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam pengajaran bahasa Inggris meliputi penyesuaian metode pengajaran oleh guru, penggunaan media visual dan objek nyata, dukungan guru pendamping bagi siswa berkebutuhan khusus, bantuan teman sebaya dari siswa reguler, fasilitas sekolah yang memadai, serta iklim emosional kelas yang positif. Sebaliknya, faktor penghambat meliputi perbedaan kemampuan antara siswa reguler dan inklusif, hambatan komunikasi dengan siswa tunarungu, perubahan suasana hati yang tidak terduga, serta gangguan konsentrasi akibat lingkungan belajar. Selain itu, keterampilan bahasa Inggris yang kompleks seperti mendengarkan, berbicara, dan menulis ditemukan lebih menantang dibandingkan pembelajaran kosakata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengajaran bahasa Inggris yang efektif dalam lingkungan inklusif sangat bergantung pada kemampuan adaptasi guru, pemanfaatan media visual, serta kolaborasi berkelanjutan antara guru, guru pendamping, dan teman sebaya guna menjembatani perbedaan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor Penghambat, Faktor Pendukung, Pengajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Inklusif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: RUMENTI BR LUMBAN TOBING
Date Deposited: 19 Dec 2025 01:48
Last Modified: 19 Dec 2025 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item