Kartini, Made Marinety (2026) ANALYZING THE ACCEPTANCE AND ENJOYMENT OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDENTS AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION TOWARD THE INTEGRATION OF CHATGPT IN LANGUAGE LEARNING PROCESS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
|
Text (COVER)
2112021108-COVER.pdf Download (364kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2112021108-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021108_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021108_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021108_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021108_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021108_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021108_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
|
|
Text (PENUTUP)
2112021108_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kehadiran ChatGPT telah menciptakan fenomena baru di kalangan mahasiswa, khususnya terkait penggunaannya dalam pembeljaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan dan kesenangan mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT untuk pembelajaran bahasa Inggris di konteks perkuliahan, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha. Metode campuran dengan desain explanatory- sequential digunakan dalam penelitian ini. Pada tahap kuantitatif, tingkat penerimaan dianalisis menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan indikator Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Behavioural Intention (BI), dan Perceived Enjoyment (PE), melalui statistik deskriptif dengan skor rata-rata ideal dan standar deviasi. Pada tahap kualitatif, kesenangan mahasiswa dianalisis menggunakan skala Foreign Language Enjoyment (FLE) melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis secara tematik. Hasil kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat penerimaan mahasiswa dikategorikan pada level tinggi, dengan dua indicator berada pada kategori sangat tinggi (PU dan PE) serta dua indikator lainnya berada pada kategori tinggi (PEOU dan BI). Selanjutnya, hasil kualitatif menunjukkan bahwa kesenangan mahasiswa dipengaruhi oleh faktor personal, lingkungan belajar, serta peran dosen. Penelitian ini menekankan potensi ChatGPT dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di pendidikan tinggi dan mendorong penelitian lanjutan tentang penggunaannya dalam konteks lain.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, penerimaan siswa, kesenangan, pembelajaran bahasa Inggris |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
| Depositing User: | MADE MARINETY KARTINI |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 05:42 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 05:42 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
