PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP SISWA KELAS IV SD DI GUGUS IV TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sutrini, Ayu Kadek (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP SISWA KELAS IV SD DI GUGUS IV TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031209-COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031209-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031209-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031209-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa dan kurangnya penekanan pelaksanaan penilaian sikap menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA dan sikap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian berjumlah 176 siswa, dengan pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Pengambilan data menggunakan dua metode yaitu metode tes berupa soal objektif, dan metode nontes berupa lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus IV Tejakula tahun pelajaran 2019/2020 dari uji-t hasil belajar IPA yang telah dilakukan, mendapatkan hasil thitung > ttabel (6,46 > 2,04). Kedua terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap sikap siswa kelas IV SD di Gugus IV Tejakula tahun pelajaran 2019/2020, melalui uji-t lembar observasi sikap siswa diperoleh hasil, thitung > ttabel (5,74 > 2,04). Kata kunci: problem based learning, tri hita karana, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, tri hita karana, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: AYU KADEK SUTRINI
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:03
Last Modified: 27 Jul 2020 22:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item