Buana, I Gede Darma (2020) Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Kecamatan Denpasar Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1611031306-COVER)
1611031306-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (1611031306-ABSTRAK)
1611031306-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (1611031306-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031306-BAB 1 PENDAHULUAN.doc.pdf Download (276kB) |
|
Text (1611031306-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031306-BAB 2 KAJIAN TEORI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (1611031306-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031306-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (1611031306-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031306-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (1611031306-BAB 5 PENUTUP)
1611031306-BAB 5 PENUTUP.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (1611031306-DAFTAR PUSTAKA)
1611031306-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (1611031306-LAMPIRAN)
1611031306-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Pencapaian kompetensi pengetahuan PPKn siswa masih belum optimal yang disebabkan oleh kurang efektifnya proses pembelajaran yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia interaktif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian yaitu Non-equivalent Control Group Design. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 159 siswa. Sampel diperoleh menggunakan teknik undian sehingga memperoleh dua kelas sebagai sampel dengan jumlah keseluruhan ialah 71 siswa. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan PPKn siswa menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (74,59>69,03). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thit lebih besar dari ttab (2,090>1,995) dengan dk = 69 dan taraf signifikansi 5% maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia Interaktif dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Ini berarti model pembelajaran Discovery learning berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SD. Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar siswa akan membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar yang di bantu dengan multimedia interaktif yang disenangi siswa, sehingga mampu memberikan hal positif dalam mengoptimalkan kompetensi pengetahuan PPKn siswa. Kata-kata kunci: Discovery Learning, Multimedia Interaktif, Kompetensi Pengetahuan PPKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Multimedia Interaktif, Kompetensi Pengetahuan PPKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Darma Buana |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |