Kusumasari, Putu Rastiti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V SD Gugus II Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031207-COVER.pdf Download (318kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031207-ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031207-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031207-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031207-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media question card terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus II Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yakni kelas V SD No. 1 Munggu sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 3 Munggu sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda biasa yang sudah divalidasi. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 0,404 lebih dari rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol yaitu 0,339. Berdasarkan hasil analisis data diperolehlah thitung = 6,463 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,998. Berdasarkan hasil analisis tersebut berarti thitung > ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media question card dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, bisa disimpulkan yakni model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media question card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus II Kecamatan Mengwi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | missouri mathematics project, question card, kompetensi pengetahuan matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU RASTITI KUSUMASARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:53 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2815 |
Actions (login required)
View Item |