Kertiari, Luh Putu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031212-COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031212-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031212-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031212-LAMPIRAN .pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 8 Sangsit yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 4 Sangsit yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t dengan rumus polled varians. Hasil menunjukkan nilai thitung (8,53) > ttabel (2,000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantuan media kartu gambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, scramble, kartu gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | LUH PUTU KERTIARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 23:01 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 23:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2839 |
Actions (login required)
View Item |