Riana, Ni Komang Ida (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031266-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031266-ABSTRAK.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031266-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031266-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031266-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031266-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031266-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031266-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031266-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan pada siswa kelas III di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus I Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 92 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Melinggih yang berjumlah 23 orang dan siswa kelas III SDN 4 Melinggih yang berjumlah 24 orang. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, (2) rata-rata hitung hasil belajar siswa kelompok kontrol berda pada kategori tinggi, serta (3) hasil uji-t yang menunjukkan bahwa thit > ttab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berpasangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, media kartu berpasangan, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG IDA RIANA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 09:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 09:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2867 |
Actions (login required)
View Item |