PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA

Widyantini, Gst. Ayu Putu Yanthi (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041027-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041027-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (450kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041027-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian reserch and development (R&D) dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis model problem based learning pada pembelajaran biologi untuk kelas X di SMA. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 di SMAS Laboratorium Undiksha dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D Thiagarajan yang dibatasi hanya sampai dengan tiga tahap meliputi tahap define, design dan development. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi, lembar validasi soal, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar soal post test dan angket elektronik yaitu Google Form. Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan oleh ahli diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 84% kategori baik dan oleh praktisi diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 85% kategori baik. Hasil uji validitas soal diperoleh skor rata-rata 0,91 kategori sangat relevan. Hasil uji kepraktisan melalui respon guru diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 77% kategori praktis dan hasil penialain respon peserta didik dengan rerata persentase 84% kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dengan perhitungan ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 77,77% kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model problem based learning dinyatakan memiliki kualitas layak, praktis dan efektiv ditinjau dari hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja peserta didik, problem based learning
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Gst. Ayu Putu Yanthi Widyantini
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:28
Last Modified: 28 Jul 2020 02:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item