Pengaruh Model Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD N Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Rahayu, Ni Kadek Linda Astiti (2020) Pengaruh Model Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD N Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1611031100-COVER)
1611031100-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1611031100-ABSTRAK)
1611031100-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (1611031100-BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (1611031100-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (1611031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (1611031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (1611031100-BAB 5 PENUTUP)
1611031100-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (1611031100-DAFTAR PUSTAKA)
1611031100-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (1611031100-LAMPIRAN)
1611031100-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dan bertujuan guna untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Quasi eksperimen merupakan jenis dari penelitian ini serta dipilih Non Equivalent Control Group Design sebagai rancangan dengan pretest hanya digunakan dalam rangka mengetahui kesetaraan kelompok. Kelas V SD N 6 Sesetan dan kelas V SD N 13 Sesetan terpilih sebagai sampel melalui teknik undian (cluster) dari 8 anggota populasi yakni seluruh kelas V SD N Gugus Jenderal Sudirman. Dalam proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes uraian sehingga didapatkan data berupa nilai yang berbentuk data kuantitatif yang dianalisis dengan teknik analisis statistik inferensial menggunakan rumus separated varians pada uji-t. Rumus separated varians dipilih karena pada analisis uji prasyarat yang dilakukan sebelumnya, data yang dianalisis berdistribusi normal tetapi tidak homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan rumus separated varians, diperoleh 7,2909 sebagai thitung sementara itu 2,021 sebagai ttabel. Berdasarkan hal ini maka thitung > ttabel yakni 7,2909 > 2,021. Sehingga terjadi penolakan H0 dan terjadi penerimaan Ha. Ha yakni terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional, dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya model Problem Based Instruction memberikan pengaruh pada hasil belajar matematika siswa SD N Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 sehingga disarankan kepada peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi dalam pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan selanjutnya tentu dengan modifikasi variabel bebas menggunakan berbagai media yang lebih beragam untuk menunjang keberhasilan suatu penelitian dari peneliti selanjutnya. Kata kunci : Problem Based Instruction , hasil belajar matematika, kelas V SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Problem Based Instruction , hasil belajar matematika, kelas V SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Linda Astiti Rahayu
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:11
Last Modified: 28 Jul 2020 06:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item