ANALISIS PENGUASAAN TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA DI SALAH SATU SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA

Mula, Ni Luh Ramadhani Ade (2019) ANALISIS PENGUASAAN TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA DI SALAH SATU SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313031018-COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313031018-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1313031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313031018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313031018-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan kesetimbangan kimia pada siswa di salah satu SMA Negeri di kota Singaraja yang memiliki reputasi akademik sedang dan menerapkan kurikulum dengan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif dalam tiga kategori yakni kategori benar, benar-sebagian, dan miskonsepsi. Penelitian menemukan rerata persentase siswa dengan tingkat penguasaan secara keseluruhan 27.36% tergolong benar, 8.96% tergolong benar-sebagian, 15.68% tergolong miskonsepsi, dan 44.16% tanpa alasan atau tidak menjawab. Rerata persentase siswa dengan tingkat peguasaan per indikator untuk kategori benar merentang dari 68-0% dengan modus antara 0-9% yang terjadi pada indikator mengkontruksi hubungan konstanta kesetimbangan dengan variabel konsentrasi (Kc) dengan variabel tekanan (Kp) atau sebaliknya, merencanakan percobaan untuk memdefinisikan kesetimbangan kimia, mengolah data hasil percobaan untuk memdefinisikan kesetimbangan kimia, dan merumuskan bunyi Asas Le Chatelier. Untuk kategori miskonsepsi persentase siswa merentang dari 48-3%, dengan modus rerata persentase siswa antara 10-20% terjadi pada indikator menuliskan konstanta kesetimbangan kimia, menjelaskan pengaruh perubahan volume wadah terhadap kesetimbangan kimia, menjelaskan pengaruh perubahan tekanan terhadap kesetimbangan kimia, menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap kesetimbangan kimia, membedakan sistem kesetimbangan homogen dan heterogen, dan mengolah data hasil percobaan untuk mendefinisikan kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penguasaan siswa, kesetimbangan kimia, metode deskriptif, analisis kualitatif, dan miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ni Luh Ramadhani Ade Mula
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:28
Last Modified: 17 Oct 2019 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item