Nata Wibawa, Putu (2020) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS VIII ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031367-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031367-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031367-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031367-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031367-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031367-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031367-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031367-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031367-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model quantum teaching berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah 9 kelompok kelas V SD Gugus VIII Abiansemal sebanyak 219 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok diberikan pretest dan diuji menggunakan uji-t untuk mengetahui kesetaraan kelompok. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes, dan tes yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk tes pilihan ganda. Setelah diperoleh data posttest kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Rata-rata skor posttest siswa pada kelompok eksperimen yaitu 26,16 dan rata-rata siswa pada kelompok kontrol 24.03. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 59 didapat thitung = 5,297 > ttabel = 2,001. Hal ini berati terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antar kedua kelompok sampel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model quantum teaching berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus VIII Abiansemal tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nata Wibawa |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2940 |
Actions (login required)
View Item |