Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Gugus II Kecamatan Sawan

Dewi, Luh Monik Septiani (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Gugus II Kecamatan Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031374-COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031374-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031374-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031374-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031374-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031374-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031374-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031374-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031374- LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Sawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperiment dengan rancangan non-equivalent post-test only control group desigen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik intact group random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 3 Bebetin berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bebetin berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dengan menggnakan instrumen pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar IPA, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan uji normalitas sebaran data, uji homogenitas varian (Uji-F) dan uji-t menggunakan rumus polled varians. Hasil analisis data menggunkan uji-t diproleh thitung 2,540 Sedangkan ttabel dengan db = 47 sebesar 2,067 dengan taraf signifikansi 5% . Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model STAD dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model STAD. Perbedaan tersebut juga ditunjukan oleh pencapaian rata-rata kelompok eksperimen yaitu, 78,96 > 75,48 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Monik Septiani Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 15:02
Last Modified: 28 Jul 2020 15:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item