LESTARI, AYU PUTU INTAN YULIA (2020) KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS 1 SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031223-COVER.pdf Download (505kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031223-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031223-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611031223-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031223-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031223-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk tindak pembelajaran guru kelas I SD Negeri 2 Dangin Puri dan alasan – alasan yang melatarbelakangi guru kelas I SD Negeri 2 Dangin Puri dalam menampilkan tindak pembelajaran pada peningkatan keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan model induktif – interaktif berupa reduksi data, paparan data dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kontribusi tindak pembelajaran guru pada peningkatan keterampilan menyimak kategori structuring, guru cenderung meminta siswa untuk berkonsentrasi menyimak pelajaran, mengerjakan tugas dan membuka buku pelajaran. Kategori soliciting, tindak pembelajaran yang cukup sering dilakukan guru adalah memberi pertanyaan kepada siswa. Pada kategori reacting, guru cenderung memberi penguatan kepada siswa. Sedangkan pada kategori student responding, umumnya respon yang ditunjukkan siswa adalah menjawab pertanyaan guru, memahami penjelasan guru dan mendengarkan perintah guru. Tindak pembelajaran nonverbal yang menyertai pada peningkatan keterampilan menyimak siswa yaitu guru menunjukkan ekspresi semangat, mudah tersenyum dan sesekali menegur siswa yang ribut. Adapun alasan – alasan yang melatarbelakangi guru melakukan tindak pembelajaran tertentu. Pertama, agar siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Kedua, agar siswa lebih termotivasi dalam menjawab pertanyaan guru. Ketiga, guru memiliki harapan agar siswa yang diasuhnya menjadi anak yang disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak pembelajaran guru, keterampilan menyimak, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | AYU PUTU INTAN YULIA LESTARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3170 |
Actions (login required)
View Item |