PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ariana, I Gede Yoga (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031262-COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031262-ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031262-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031262-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031262-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031262-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031262-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031262-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031262-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kintamani tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 127 orang siswa. Sampel penelitian diperoleh secara simple random sampling tipe intact grup dengan cara diundi sehingga didapatkan kelas IV SDN Abuan yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Bayung Gede yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar IPA. Hasil analisis menunjukan bahwa thitung adalah 4,879 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2,021. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok yang menggunakan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha adalah 20,27 termasuk kategori tinggi dan rata-rata pemahaman kelompok siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha adalah 13,85 termasuk kategori sedang. Hal ini berarti, rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh lebih besar daripada rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Tri Kaya Parisudha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran quantum teaching, tri kaya parisudha, dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I GEDE YOGA ARIANA
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:17
Last Modified: 28 Jul 2020 11:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item