Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020

Putri, Trisna Nanda (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031241-COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031241-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031241-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031241-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031241-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031241-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031241-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031241-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031241-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran team games tournament bermediakan question card terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment), dengan desain penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 96 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Sangsit sebanyak 22 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 8 Sangsit sebanyak 26 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas yang sudah ada. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrument tes hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 2,62 dan ttabel = 2,000 untuk db = 46 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Team Games Tournament bermediakan question card terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus VI Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran yang dapat diberikan yaitu agar pembelajaran menggunakan model team games tournament bermediakan question card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, TGT, question card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TRISNA NANDA PUTRI
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:03
Last Modified: 29 Jul 2020 03:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item