PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TKN (TEKNIK KLARIFIKASI NILAI) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA SD KELAS IV GUGUS V KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Budiastawan, Komang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TKN (TEKNIK KLARIFIKASI NILAI) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA SD KELAS IV GUGUS V KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031109-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031109-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031109-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031109-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain non equivalent post-test only kontrol group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di Gugus V kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah total sebanyak 169 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas IV SD N 3 Pedawa yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen serta kelas IV SDN 2 Sidatapa yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 5,86 > Ftabel = 2,00). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TKN (Teknik Klarifikasi Nilai) berbantuan media visual terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teknik klarifikasi nilai media visual PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Budi Astawan
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:54
Last Modified: 30 Jul 2020 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item