Antari, Ni Ketut Astiti (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS V KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031309-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031309-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031309-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031309-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 169 siswa yang tersebar ke dalam tujuh Sekolah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling yang di random kelas sebagai intaks group. Berdasarkan teknik undian, diperoleh hasil siswa kelas IV SDN 1 Cempaga sebagai kelas eksperimen dan SDN 2 Sidetape sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data dilakukan dengan media tes dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Selain itu, kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual memiliki rata-rata skor hasil belajar IPA lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/20.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking stick, Audio visual, Hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Astiti Antari |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 15:11 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 15:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3667 |
Actions (login required)
View Item |