Indrawati, Ni Kadek Ari (2020) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 2 TABANAN KECAMATAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041024-COVER.pdf Download (611kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041024-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041024-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar biologi, 2) hubungan antara motivasi belajar dan dengan hasil belajar biologi, 3) hubungan antara bimbingan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tabanan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah (36) siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data terkait bimbingan orang tua dan motivasi belajar dikumpulkan melalui pengisian kuesioner yang dilakukan oleh siswa (subjek) penelitian, sedangkan data hasil belajar biologi diperoleh dari pencatatan dokumen. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi. Analisis data hasil penelitian menunjukkan; 1) Ada hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dan hasil belajar biologi, dimana nilai p sebesar (0,008), (0,008< 0,05) dengan nilai r sebesar (0,433) yang berarti kategori tingkat hubungannya sedang. 2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar biologi dengan nilai p = (0,002) , (0,002<0,05) dan nilai r = (0,490) yang berarti kategori tingkat hubungannya sedang. 3) Ada hubungan antara bimbingan orang tua, motivasi belajar secara bersama-sama dan hasil belajar biologi nilai p = 0,004, (0,004 < 0,05), dengan nilai R =( 0,533) yang berarti memiliki tingkat hubungan sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan orang tua, motivasi belajar, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | NI KADEK ARI INDRAWATI |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 07:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3815 |
Actions (login required)
View Item |