PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN I-SPRING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA

Palguna, I Made Adi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN I-SPRING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829071007-COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071007-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071007-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, siswa yang belajar dengan model pembelajaran AIR dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction, (2) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, siswa yang belajar dengan model pembelajaran AIR dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction, (3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, siswa yang belajar dengan model pembelajaran AIR dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian eksperimen semu ini mengambil populasi sebanyak 15 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 500 orang di kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil cluster random sampling, diambil 3 kelas dari 15 kelas yang ada dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 96 orang. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, kelas XI MIPA 2 menggunakan model pembelajaran AIR, dan kelas XI MIPA 6 menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner sedangkan data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistik multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa secara bersama-sama antara siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran Direct Instruction; (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran Direct Instruction, motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring lebih baik dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran Direct Instruction; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran Direct Instruction, kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: AIR, Direct Instruction, I-Spring, Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I MADE ADI PALGUNA
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:19
Last Modified: 04 Aug 2020 03:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item