Laka, Yakobus Moda (2019) PEMANFAATAN KOPERASI KREDIT SWASTIASTU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN NILAI SOSIAL EKONOMI PADA MATAPELAJARAN IPS DI SMPK SANTO PAULUS SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1729091007-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729091007-ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729091007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729091007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729091007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729091007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729091007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729091007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729091007-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan sumber belajar IPS yang relevan dengan kehidupan peserta didik baik dalam lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah tempat peserta didik menimba ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kondisi pembelajaran IPS; (2) nilai sosial ekonomi koperasi kredit Swastiastu yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran; dan (3) efektivitas hasil belajar IPS dengan memanfaatkan koperasi sebagai sumber belajar pada siswa kelas IX SMPK Santo Paulus Singaraja. Jenis penelitian ini adalah research and devlopment (R&D). Teknik pengumpulan data yang diguanakan pada tahap difine dan design adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan pada tahap development menggunakan tes dan nontes. Pada tahap uji efektivitas produk pembelajaran digunakan rancangan penelitian eksperimen yaitu the one group pretest-posttes. Hasil penelitian menunjukan; (1) kondisi pembelajaran IPS masih perlu diperbaiki, karena guru kurang memanfaatkan sumber belajar atau materi yang relevan dengan tuntutan pokok bahasan, kurang memanfaatkan media pembelajaran, dan rencana pelakasanaan pembelajaran hanya sebatas kelengkapan administrasi; (2) Sikap kerjasama, toleransi, jujur, dan tanggungjawab yang berkembang pada koperasi kredit Swastiastu dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pembelajaran IPS, 3) Penerapan model pengintegrasian nilai sosial ekonomi koperasi, secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Pembelajaran, Sumber Belajar IPS, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | YAKOBUS MODA LAKA |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 06:12 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 06:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/398 |
Available Versions of this Item
- PEMANFAATAN KOPERASI KREDIT SWASTIASTU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN NILAI SOSIAL EKONOMI PADA MATAPELAJARAN IPS DI SMPK SANTO PAULUS SINGARAJA. (deposited 22 Oct 2019 06:12) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |