PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Suryawan, I Made Dony (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071022-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071022-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

I Made Dony Suryawan (2019). Pengaruh Penggunaan Media Photovoice dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini disetuji dan diperiksa oleh pembimbing 1: Dr. I G. A. Nyoman Setiawan, M.Si., dan pembimbing 2: Dr. I G. Lanang Wiratma, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice. (2) perbedaan hasil belajar untuk kelompok siswa motivasi belajar tinggi dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice. (3) perbedaan hasil belajar untuk kelompok siswa motivasi belajar rendah dengan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Kerambitan yang berjumlah 7 kelas dengan sampel penelitian berjumlah 4 kelas. Data hasil belajar siswa dianalisis dalam dua tahap yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji statistik ANAVA. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan pembelajaraan kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice dengan perbandingan nilai rata-rata gain score ternormalisasi 0,51 > 0,37. (2) Pada kelompok siswa motivasi tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaraan kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice dengan perbandingan nilai rata-rata gain score ternormalisasi 0,62 > 0,36. (3) Pada kelompok siswa motivasi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan pembelajaraan kooperatif tipe Group Investigation (GI) menggunakan media photovoice dan tanpa media photovoice dengan perbandingan nilai rata-rata gain score ternormalisasi 0,39 > 0,38. Kata kunci: media photovoice, tipe Group Investigation (GI), motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media photovoice, tipe Group Investigation (GI), motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Made Dony Suryawan
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:42
Last Modified: 20 Oct 2020 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item