TEACHERS’ PERCEPTION ON GIVING REINFORCEMENT TO THE STUDENTSWITH SPECIAL NEEDS AT SLB NEGERI SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2019-2020

Pakpahan, Asina Romauli (2020) TEACHERS’ PERCEPTION ON GIVING REINFORCEMENT TO THE STUDENTSWITH SPECIAL NEEDS AT SLB NEGERI SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021162-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021162-ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021162-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021162-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021162-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dalam memberikan reinforcement terhadap siswa berkebutuhan khusus atau SLB dalam pembelajaran bahasa inggris di SLB Negeri Singaraja. Data dikumpulkan melalui Kuesioner dan Wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Guru bahasa Inggris di LSB Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi yang sangat positif terhadap kelebihan dalam memberikan reinforcement, dimana reinforcement dapat memotivasi, meningkatkan keaktifan siswa, kepercayadirian, dan prestasi didalam proses pembelajaran, sementara untuk kekurangan dari reinforcement, guru bahasa Inggris di SLB Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi yang kurang positif, dimana guru bahasa Inggris tidak setuju bahwa reinforcement tidak memiliki pengaruh pada proses pembelajaran siswa. (2) Guru Bahasa Inggris di SLB Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi yang sangat positif terhadap kesulitan dalam memberikan reinforcement, dimana guru tidak setuju bahwa kekurangan siswa secara fisik maupun nonfisik menjadi masalah yang mereka hadapi dalam memberikan reinforcement kepada siswa berkebutuhan khusus. (3) Guru bahasa Inggris di SLB Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi yang sangat positive terhadap jenis reinforcement yang digunakan oleh gur bahasa Inggris, dimana guru menggunakan verbal , nonverbal dan jenis reinforcement yang berbeda kepada siswa berkebutuhan khusus. (4).Guru bahasa Inggris di SLB Negeri 1 Singaraja memiliki persepsi yang sangat positive terhadap startegi dalam memberikan reinforcement, dimana guru perlu memberikan variasi reinforcement, menggunakan Bahasa Simbol dan memiliki strategi khusus dalam memberikan reinforcement kepada siswa berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Reinforcement, Persepsi, Siswa Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement, Persepsi, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Asina Romauli Pakpahan
Date Deposited: 18 Oct 2020 22:02
Last Modified: 18 Oct 2020 22:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item