Darmayanti, candra (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN ANIMALIA DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041051-COVER.pdf Download (848kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041051-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (359kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041051-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap ilmiah siswa antara yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan yang dibelajarkan dengan model konvensional pada pembelajaran animalia di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain non equivalent pretest posttest control group desigen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 8 yang berjumlah 41 siswa dan kelas X IPA 9 yang berjumlah 40 siswa yang diambil dengan teknik cluseter random sampling. Data diambil dengan menggunakan metode non tes berupa kuesioner sikap ilmiah. Teknik penelitian ini menggunakan analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 ( 0,137 > 0,05 ) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa antara yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan yang dibelajarkan dengan model konvensional pada pembelajaran animalia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, Kuesioner.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, Kuesioner. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Made Candra Darmayanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 01:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4089 |
Actions (login required)
View Item |