PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Wangsa, Gusti Ngurah Arya Surya (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041010-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041010-ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1829041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (942kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041010-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Wangsa, Gusti Ngurah Arya Surya (2020), Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Untuk Siswa Kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Kata-kata kunci: Pengembangan instrumen, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh instrumen kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel. (2) memperoleh instrumen hasil belajar IPA yang valid dan reliabel. Pengembangan terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop. Dengan alasan, demi menjaga kesehatan bersama menghindari pandemi virus Covid-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia. Metode Analisis data yang pada penelitian ini yaitu validitas isi dan reliabilitas expert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 berada pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. (2) Instrumen hasil belajar IPA yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,75 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,92 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen hasil belajar IPA yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas expert dengan nilai 0,94 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Gusti Ngurah Arya Surya Wangsa
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:39
Last Modified: 22 Oct 2020 04:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4324

Actions (login required)

View Item View Item