PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

SEPTARI, LUH PUTRI MAS (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041043-COVER.pdf

Download (144kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041043-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041043-LAMPIRAN.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemandirian belajar dan hasil belajar IPA untuk siswa kelas V SD sehingga menghasilkan instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengembangan instrumen penilaian hanya dilakukan sampai dengan tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Analisis data yang digunakan pada uji validitas adalah uji CVR dan CVI sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari hasil validasi ahli dan praktisi untuk 40 butir pertanyaan kemandirian belajar dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar IPA dari 30 butir soal dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Putri Mas Septari
Date Deposited: 22 Oct 2020 07:01
Last Modified: 22 Oct 2020 07:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item