Ratnada, I Kadek (2020) Kontribusi Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Tri Hita Karana Pada Tema 7 Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V di Gugus I Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031246-COVER.pdf Download (528kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031246-ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031246-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031246-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031246-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya moral dan sikap sosial siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Buleleng menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasisi Tri Hita Karana pada Tema 7 terhadap sikap sosial siswa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment atau penelitian semu dengan menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD berjumlah 38 siswa pada SD Negeri 8 Banyuning dan 37 siswa pada SD Negeri 2 Banyuning. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data skor sikap sosial dikumpulkan dengan metode non-test berupa lembar kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji–t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 12,715 dan ttabel = 1,993 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis Tri Hita Karana sesuai untuk diterapkan karena model ini dapat melatih siswa untuk aktif dalam menyelesaikan permasalahan serta siswa juga belajar mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Hita Karana dan mereka bisa mengimplementasikannya dengan baik. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KADEK RATNADA |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:05 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 09:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4373 |
Actions (login required)
View Item |