Dewi, Komang Ary Pradnyani (2020) AN INVESTIGATION OF PROJECT-BASED LEARNING IMPLEMENTED BY TEACHERS IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS AT BALI KIDDY SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081038-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081038-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081038-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menginvestigasi 1) jenis proyek yang diberikan oleh para guru, 2) prosedur dalam menerapkan PBL, 3) kesulitan yang dihadapi oleh para guru dalam mengimplementasikan PBL, dan 4 ) sikap siswa terhadap penerapan PBL dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Bali Kiddy. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas 4. Data yang diperoleh dikumpulkan dari lembar observasi, daftar cek kelas, kuesioner dan wawancara yang dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa jenis PBL yang dilaksanakan oleh guru bahasa Inggris meliputi 1) proyek terstruktur dan semi terstruktur berdasarkan cara mengatur proyek, 2) proyek mini dan jangka pendek berdasarkan jumlah waktu, 3) individu dan proyek kelompok berdasarkan pada keterlibatan peserta didik, 4) proyek berbasis masalah, berbasis konstruksi, berbasis estetika dan penguatan berdasarkan tujuan. Ada enam tahap yang secara umum diterapkan oleh para guru dalam menerapkan PBL, 1) persiapan, 2) merancang rencana untuk proyek, 3) membuat jadwal, 4) melaksanakan proyek, 5) menilai hasil, dan 6) evaluasi. Hanya tiga kesulitan yang ditemukan dalam implementasi, 1) kesulitan dalam perencanaan, 2) manajemen waktu, dan 3) ketidaksetaraan kemampuan siswa yang dibutuhkan untuk proyek. Ditemukan juga bahwa para siswa aktif dalam bertanya dan berbagi pemikiran mereka, bersemangat ketika mereka memiliki proyek dan menunjukkan upaya terbaik mereka dalam melakukan proyek yang dapat disiratkan bahwa siswa menunjukkan sikap positif dalam hal kognitif, afektif dan perilaku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek (PBL), Pengajaran Bahasa Inggris, Pelajar Muda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Komang Ary Pradnyani Dewi |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 13:35 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 13:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4393 |
Actions (login required)
View Item |