Sutami, Ni Komang Ayu (2020) Pengembangan Instrumen Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganehsa.
Text (COVER)
1829041053-COVER.pdf Download (341kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041053-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041053-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen hasil belajar IPA dan instrumen kemampuan metakognitif pada siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Pada tahap define, telah disusunnya kisi-kisi instrumen hasil belajar IPA dan kisi-kisi instrumen kemampuan metakognitif. (2) Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi instrumen hasil belajar IPA berupa tes pilihan ganda yang pada awalnya terdiri dari 55 butir soal serta instrumen kemampuan metakognitif berupa tes esai yang pada awalnya terdiri dari 30 butir soal. (3) Pada tahap develop, telah dilakukan uji validitas isi instrumen hasil belajar IPA mendapatkan hasil sebanyak 50 butir soal dinyatakan valid. Uji validitas isi instrumen kemampuan metakognitif mendapatkan hasil sebanyak 25 butir soal dinyatakan valid. Kemudian uji reliabilitas instrumen hasil belajar IPA memperoleh hasil r11 0,82 0,70, maka instrumen hasil belajar IPA dinyatakan reliable. Uji reliabilitas instrumen kemampuan metakognitif memperoleh hasil r11 0,78 0,70, maka instrumen kemampuan metakognitif dinyatakan reliable. Dengan demikian pengembangan instrumen hasil belajar IPA dan kemampuan metakognitif dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel serta dapat dijadikan contoh untuk mengukur serta mengembangkan instrumen hasil belajar IPA dan instrumen kemampuan metakognitif siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, hasil belajar IPA, dan kemampuan metakognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Sutami |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 06:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4412 |
Actions (login required)
View Item |