Arditami, Putu Ratna (2019) Developing English Literacy Based Activities for The First Semester of 5th Grade Elementary Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021008-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021008-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021008-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan terkait literasi Bahasa Inggris siswa sekolah dasar di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar untuk diatasi. Kurangnya sumber belajar dalam Bahasa Inggris, kurangnya jam pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan pada siswa, aktivitas pembelajaran yang cenderung monoton, serta ketidakmampuan guru dalam mengajar Bahasa Inggris pada siswa kemudian mempengaruhi literasi siswa. Dengan mempertimbangkan permasalahan yang terjadi, penelitian saat ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas literasi Bahasa Inggris untuk semester pertama siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian Desain dan Pengembangan (D&D). Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini; data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan studi dokumen. Sementara data kuantitatif diperoleh melalui penilaian para ahli dan tes literasi. Penelitian ini menghasilkan produk dalam bentuk lembar kerja siswa yang dikembangkan melalui empat tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Lembar kerja siswa ini terdiri dari enam topic seperti identitas diri, aktivitas sehari-hari, lingukangan sekolah, keluarga, dan rumah. Setiap topik terdiri dari berbagai aktivitas literasi Bahasa Inggris seperti menyanyikan lagu, bermain game, melakukan survei, melakukan wawancara, bermain peran, membuat denah rumah dan denah sekolah, membuat jadwal. Produk yang dikembangkan kemudian diuji cobakan untuk mengetahui keefektivitasannya pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Dapat dibuktikan bahwa produk efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Inggris siswa kelas 5 sekolah dasar, dibuktikan dari hasil uji-t Sig. (2.tailed) (0.00 < 0.05). Kata kunci:Literasi Bahasa Inggris, aktivitas literasi kehidupan nyata, siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Bahasa Inggris, aktivitas literasi kehidupan nyata, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Ratna Arditami |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 03:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 03:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |