DEVELOPING A PROTOTYPE OF QUESTIONING SKILLS INSTRUCTIONAL VIDEO FOR ENGLISH TEACHERS AT SD NEGERI 1 PAKET AGUNG

Suwarniti, Ni Luh Putu Ayu (2021) DEVELOPING A PROTOTYPE OF QUESTIONING SKILLS INSTRUCTIONAL VIDEO FOR ENGLISH TEACHERS AT SD NEGERI 1 PAKET AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021107-COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021107-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1512021107-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021107-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021107-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021107-LAMPIRAN.pdf

Download (410kB)

Abstract

Need analysis di SDN 1 Paket Agung mengungkapkan bahwa guru bahasa Inggris di sekolah tersebut perlu memiliki media pembelajaran untuk membantu mereka mengasah kemampuan bertanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan prototipe video pembelajaran keterampilan bertanya pada guru bahasa Inggris di SD NEGERI 1 Paket Agung. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas video prototipe pembelajaran yang dikembangkan. Studi ini mengikuti desain penelitian Design and Development oleh Richey & Klein (2007) yang diselenggarakan melalui beberapa tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah RPP, Naskah Ajar dan Angket. Data diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen (silabus), dan angket. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, video pembelajaran dikembangkan melalui beberapa tahapan seperti perencanaan, pembuatan prototipe, pengujian prototipe, dan peningkatan prototipe. Pertama, perencanaan dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan dan analisis dokumen. Analisis kebutuhan dilakukan dengan observasi dan wawancara dan analisis dokumen dilakukan dengan mempelajari silabus dan teori-teori terkait untuk mengembangkan instrumen. Setelah itu dilakukan proses pembuatan film produk dan proses pemotongan video. Kemudian dalam pengujian prototipe prototipe dievaluasi oleh dua orang ahli yaitu ahli isi, ahli media dan desain serta oleh seorang guru sebagai pengguna. Terakhir dalam mengupgrade prototipe, Prototipe tersebut disempurnakan berdasarkan komentar dan saran dari pakar dan pengguna. Kedua, prototipe dinilai memiliki kualitas yang sangat baik. Hasil penilaian ahli isi menunjukkan persentase 97%, media dan desain menunjukkan 87% dan pengguna 94,7%. Studi ini membahas implikasi yang diambil dari temuan untuk kepraktisan penelitian di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: prototype, instructional video, questioning skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ayu Suwarniti
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:29
Last Modified: 22 Feb 2021 05:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item