Darmana, I Made (2020) EVALUASI PENERAPAN SISTEM LAYONSARI (LAYANAN ONLINE SATU JARI) DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829031007-COVER.pdf Download (727kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829031007-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1)
1829031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (733kB) |
|
Text (BAB 2)
1829031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1829031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1829031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1829031007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829031007-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan sistem Layonsari di FBS Undiksha. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Populasi pada penelitian ini berjumlah 1953 orang yang diambil dari seluruh mahasiswa aktif pada tahun 2019, sedangkan sampel berjumlah 376 orang mahasiswa. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas penerapan sistem Layonsari skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) Efektifitas penerapan sistem Layonsari ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penerapan sistem Layonsari ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil sangat efektif (+ + + +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem Layonsari adalah 1) beberapa pengelola bukan dari orang yang berkompetensi seperti tamatan SMA dan sudah cukup umur, 2) beberapa tenaga kependidikan masih belum siap menggunakan aplikasi baru, 3) Beberapa mahasiswa memang ada yang belum siap dikarenakan ada yang belum menggunakan smartphone atau masalah kuota, 4) Dana yang digunakan masih minim, dan 5) Pedoman kurang disosialisasikan secara jelas ke mahasiswa. Kata kunci: Sistem Layonsari; Studi Evaluasi; CIPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Layonsari, Studi Evaluasi, CIPP. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Darmana |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 07:23 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4499 |
Actions (login required)
View Item |