The Effect of Comic Strips in Teaching Narrative Text on Students' Reading Comprehension for Eighth Grade of Junior High School Students at SMPN 1 Negara

Dewi, Komanng Tri Utari (2019) The Effect of Comic Strips in Teaching Narrative Text on Students' Reading Comprehension for Eighth Grade of Junior High School Students at SMPN 1 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021094-COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021094-ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021094-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021094-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021094-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimental dengan desain Quasi Experimental of Posttest Only Control Group. Rancangan ini digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari Comic Strips sebagai media dalam pemahaman membaca siswa kelas delapan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan di SMPN 1 Negara yang terbagi menjadi sebelas kelas. Dua kelas dipilih menjadi sampel penelitian. Sampel dari penelitian ini diputuskan menggunakan tehnik acak dan menggunakan undian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok control. Kelas G sebagai kelompok kontrol dan kelas D sebagai kelompok ekserimen. Setiap kelompok terdiri dari 32 siswa. Kelompok kontrol diperlakukan dengan menggunakan media konvensional. Sementara itu, kelompok eksperimen diperlakukan dengan menggunakan Comic Strips sebagai media dalam mengajar teks naratif. Hasilnya dari SPSS menunjukkan, skor rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 83.78 sedangkan skor rata-rata dari kelompok kontrol adalah 70.96. Ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa dalam kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa dalam kelompok kontrol. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji nonparametrik, analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih rendah dari nilai tingkat standar alpa. Perbandingan antara nilai Asymp. Sig. (2-tailed) dan nilai tingkat standar alpa adalah 0.000 < 0.050. Hasil ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari Comic Strips sebagai media pemahaman siswa kelas delapan di SMPN 1 Negara pada tahun akademik 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: comic strips, media, pemahaman membaca.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Komang Tri Utari Dewi
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:12
Last Modified: 24 Oct 2019 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item