Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V di SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Ajaran 2019/2020

Dwiqi, Gede Cris Smaramanik (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V di SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021029-ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (514kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021029-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V, dan (2) mendeskripsikan validitas multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Subjek penelitian yaitu 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 9 siswa untuk uji produk. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan yaitu (a) analisis (analysis), (b) desain (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), (e) evaluasi (evaluation); (2) Multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V valid dengan: (a) hasil revew ahli mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,3%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (98%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,67%), dan (e) uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,85%). Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Multimedia pembelajaran interaktif disarankan agar digunakan secara maksimal dalam proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: GEDE CRIS SMARAMANIK DWIQI
Date Deposited: 02 Nov 2020 22:34
Last Modified: 02 Nov 2020 22:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item