Dwiqi, Gede Cris Smaramanik (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V di SD Negeri 1 Banjar Jawa Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021029-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (514kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021029-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V, dan (2) mendeskripsikan validitas multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Subjek penelitian yaitu 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 9 siswa untuk uji produk. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) langkah-langkah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan yaitu (a) analisis (analysis), (b) desain (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), (e) evaluasi (evaluation); (2) Multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V valid dengan: (a) hasil revew ahli mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,3%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (98%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,67%), dan (e) uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,85%). Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Multimedia pembelajaran interaktif disarankan agar digunakan secara maksimal dalam proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | GEDE CRIS SMARAMANIK DWIQI |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 22:34 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 22:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4711 |
Actions (login required)
View Item |