Yanti, Ni Luh Gede Praba (2019) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan LKS untuk Mendukung Blended Learning pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1313031054-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1313031054-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313031054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313031054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313031054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313031054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313031054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313031054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1313031054-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) spesifikasi, (2) penilaian dan masukan dari ahli (pembelajaran dan desain media) dan praktisi, dan (3) keterbacaan siswa dalam uji coba perorangan terhadap video pembelajaran yang dibantu LKS untuk mendukung blended learning dengan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasi, atau 5M) dan mengikuti penalaran induktif pada pokok bahasan sistem periodik unsur. R&D mengadaptasi model pengembangan Luther, meliputi tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Penilaian produk pada tahap testing merujuk pada evaluasi formatif pada model pengembangan Dick dan Carey. Validasi produk dilakukan oleh satu orang dosen kimia sebagai ahli pembelajaran, satu orang dosen teknologi pembelajaran sebagai ahli media, dan satu orang guru kimia sebagai praktisi, serta lima orang siswa SMA peminatan MIPA dalam uji keterbacaan. Produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran sesuai dengan rancangan tentang Sistem Periodik Unsur, yang meliputi dua unit pembelajaran. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa produk memiliki tingkat validitas tergolong sangat baik pada aspek pembelajaran, baik pada aspek media, dan baik pada uji kepraktisan. Produk yang dikembangkan memperoleh tanggapan baik dan dapat terbaca oleh siswa pada kelompok siswa dengan kemampuan tinggi, sedang maupun kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian dan pengembangan, video pembelajaran, pendekatan saintifik, penalaran induktif, blended learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Praba Yanti |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 01:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |