Ratih Diana Utari, Ni Nyoman (2021) EFEKTIVITAS MODEL EXPLICIT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615011004-COVER.pdf Download (218kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615011004-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1)
1615011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2)
1615011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1615011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1615011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1615011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615011004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model explicit instruction menggunakan media video untuk meningkatkan hasil belajar pembuatan pola busana wanita kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Seririt. Adanya situasi pandemic Covid-19, proses pembelajaran dengan pengimplementasi model explicit instruction menggunakan media video dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi google meet. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok sampel yang diberikan model explicit instruction menggunakan media video. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Seririt tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa dan metode observsi untuk mengetahui hasil belajar afektif siswa dan kuesioner/angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media video dengan menggunakan model kuesioner/angket tertutup. Berdasarkan analisis dengan statistik deskriptif diperoleh hasil perhitungan dengan uji-t diperoleh bahwa thitung = 19,86 sedangkan ttabel dapat dilihat pada tabel statistik pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n-1 = 22 – 1 = 21, hasil dieroleh untuk ttabel sebesar 2,080. Ini berarti thitung > ttabel. dan hasil dalam menentukan efektivitas dari perlakuan (treatment) yaitu sebesar 4,17, termasuk kriteria efektivitas tinggi karena berada pada rentangan 0,8 < ES. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model explicit instruction menggunakan media video efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembuatan pola busana wanita di SMK Negeri 1 Seririt.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model explicit instruction, Media video, Pola Busana. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ratih Diana Utari |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 00:15 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 00:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4817 |
Actions (login required)
View Item |