Manuaba, Ida Bagus (2021) COMMUNICATION ACCOMMODATION STRATEGY USED IN TEACHING BASIC ENGLISH IN PDD JEMBRANA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729081072-COVER.pdf Download (281kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729081072-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729081072-LAMPIRAN.pdf Download (373kB) |
Abstract
Strategi akomodasi komunikasi sangat penting untuk mengakomodasi siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis dari strategi akomodasi komunikasi yang digunakan oleh guru di Program Studi Diluar Domisili (PDD) Jembrana - Politeknik Negeri Bali saat mengajar Bahasa Inggris Dasar dan motif dari guru tersebut dalam menerapakan strategi akomodasi komunikasi di dalam kelas. Penelitian ini dilaksananak di Program Studi Diluar Domisili (PDD) Jembrana – Politeknik Negeri Bali. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dari Program Studi Diluar Domisili (PDD) Jembrana - Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan memalui perekam suara, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan ada empat strategi yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar seperti approximation, interpretability, discourse management dan emotional expression dimana didalammnya terdiri dari lima belas dimensi yaitu adjusting pitch, tone and rate, use high frequency word and expression, repetition, praise, turn taking, topic control, asking referential question, conversional repair or self-repair, back channelling, feedback, delay (extending waiting time), appreciation, sharing happiness, dan pro-sociality expression. Disamping itu, guru-guru tersebut memiliki beberapa motif utama dalam menerapkan strategi akomodasi komunikasi diantaranya untuk membuat siswa memahami materi yang diberikan, memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan untuk memnarik perhatian siswa. Diharapkan hasil dari penelitian ini bisa memberikan referensi dalam penerapan strategi akomodasi komunikasi dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy Akomodasi Komunikasi, Bahasa Inggris Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ida Bagus Manuaba |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 11:39 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 11:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4818 |
Actions (login required)
View Item |