Seruni, Yuri Sekar (2021) Peristiwa Rawagede Pada Masa Agresi Militer Belanda I di Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714021023-COVER.pdf Download (458kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714021023-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714021023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714021023-LAMPIRAN.pdf Download (541kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) rangkaian peristiwa Rawagede pada masa agresi militer Belanda I di Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, (2) kehidupan masyarakat setelah peristiwa Rawagede, (3) aspek-aspek yang terdapat pada peristiwa Rawagede pada masa agresi Belanda I yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah meliputi : (1) Heuristik (pengumpulan sumber), (2) Kritik Sumber, (3) Interpretasi (penafsiran), (4) Historiografi (penulisan kisah sejarah). Hasil penelitian ini adalah rangkaian peristiwa Rawagede, kehidupan masyarakat setelah peristiwa yaitu tuntutan keluarga korban peristiwa Rawagede yang membuahkan permintaan maaf secara resmi dari Pemerintah Belanda atas kejahatan perang yang dilakukan. Adapun potensi Peristiwa Rawagede berdasarkan hasil analisis kurikulum dan silabus ialah nilai kerja keras, nilai patriotisme/ cinta tanah air, nilai rasa kebangsaan, nilai rasa ingin tahu yang selanjutnya disusun ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Buku Suplemen agar dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peristiwa. Dampak. sumber belajar sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Yuri Sekar Seruni |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 01:47 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4913 |
Actions (login required)
View Item |