Putri, Ni Wayan Astri Monika (2021) THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH TEACHERS' AUTHENTIC ASSESSMENT IN SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021110-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021110-ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021110-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021110-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021110-BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021110-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Asesmen otentik adalah penilaian untuk menggambarkan refleksi, pencapaian, motivasi, dan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Mengimplementasikan asesmen otentik mencerminkan situasi nyata dan memberikan siswa untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang layak. Tujuan dari penelitian ini adalah menginvestigasi pengetahuan yang dimiliki Guru Bahasa Inggris terhadap penerapan asesmen otentik, penerapannya, dan kesenjangan antara pengetahuan dan penerapannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah tiga Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 6 Singaraja, Kemudian, objek penelitian ini adalah penerapan asesmen otentik oleh Guru Bahasa Inggris. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan studi dokumen, kuesioner, dan interview. Data dianalisis menggunakan tiga tahap; reduksi data, klasifikasi dan analisis data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Setelah menganalisis data, analisis dari kuesioner ditemukan bahwa Guru Bahasa Inggris adalah berpengetahuan yang cukup dengan rata-rata skor persentase 61%. Berdasarkan analisis dokumen, Guru Bahasa Inggris menggunakan 5 jenis asesmen otentik, diantaranya observasi guru, unjuk kerja, portfolio, projek, dan penilaian sejawat. Namun, dalam proses pembelajaran, Guru Bahasa Inggris tidak menerapkan semua jenis asesmen otentik tersebut. Selanjutnya, ada kesenjangan antara pengetahuan dan penerapan asesmen otentik yang mana Guru Bahasa Inggris tidak menerapkan penilaian otentik dalam semua mater pembelajaran seperti pengetahuan yang dimiliki. Dengan demikian, penerapan asesmen otentik perlu dikaji kembali dengan tujuan membatu Guru Bahasa Inggris dalam menerapanasesmen otentik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen otentik, pengetahuan, yang dimiliki, penerapan, kesenjangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Astri Monika Putri |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 05:47 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 05:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5003 |
Actions (login required)
View Item |