Pratiwi, Putu Anandia (2021) Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berbantuan Komik dengan Tema Aku Bernapas. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071009-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1613071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071009-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan serta mendeskripsikan karakteristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu SMP berbantuan komik dengan tema “Aku Bernapas”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develompent, Implementation, and Evaluation) namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development saja. Data hasil penelitian ini meliputi karakeristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik yang diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik buku ajar IPA terpadu berbantuan komik yang dikembangkan sebagai berikut. (1) Buku ajar IPA terpadu berbantuan komik diawali dengan matriks pembelajaran, (2) berisikan pengenalan karakter komik, (3) penyajian materi diawali dengan apresepsi berupa cerita yang dibantu oleh komik atau uraian, (4) setiap sub-topik berisikan uraian materi yang dibantu dengan cerita komik mengenai penerapan materi di dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat kevalidan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik termasuk dalam katagori sangat valid, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh dosen ahli dan praktisi secara berturut-turut sebesar 4,42 dan 4,68. Tingkat keterbacaan buku ajar IPA terpadu berbantuan komik termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari skor rata-rata angket peniliaan oleh 18 orang siswa sebesar 4,29. Berdasarkan data hasil penelitian, buku ajar IPA terpadu berbantuan komik dengan tema “Aku Bernapas” yang telah dikembangkan sudah layak untuk diuji ke tahap selanjutnya, yaitu implementasi dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar, IPA terpadu, komik |
Subjects: | L Education > LT Textbooks Q Science > QC Physics Q Science > QD Chemistry Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Putu Anandia Pratiwi |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 05:53 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5085 |
Actions (login required)
View Item |