ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 SUKASADA

Astuti, Hendra Yuli (2021) ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031047-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031047-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031047-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar kimia siswa dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran kelas XI MIA di SMA Negeri 1 sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Silabus dan RPP pada kelas XI MIA dibuat secara mandiri oleh guru yang komponen-komponenya disesuaikan dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses. Komponen silabus yang dibuat sudah memenuhi kriteria standar proses, namun pada beberapa komponen RPP tidak memenuhi standar proses yaitu pada tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan instrumen penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. (3) Penilaian hasil belajar siswa mencakup penilaian pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun ketiga aspek tersebut tidak memenuhi standar penilaian pendidikan. Standar penilaian yang tidak memenuhi yaitu ketidaksesuaian antara instrumen penilaian yang direncanakan dengan instrumen penilaian yang digunakan, tidak membuat kisi-kisi soal ulangan, hasil nilai siswa tidak dikembalikan, serta tidak dilaksanakan program remedial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kurikulum 2013, pengelolaan pembelajaran kimia, SMA Negeri 1 Sukasada
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: HENDRA YULI ASTUTI
Date Deposited: 21 Feb 2021 15:44
Last Modified: 21 Feb 2021 15:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item