Jaya, Putu Maha Dana (2021) THE EFFECT OF PQRST STRATEGY ON READING COMPREHENSION OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 4 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021063-COVER.pdf Download (742kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021063-ABSTRACT.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1512021063-BAB I INTRODUCTION.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1512021063-BAB II LITERATURE REVIEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI)
1512021063-BAB III RESEARCH METHODOLOGY.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021063-BAB IV FINDINGS AND DISCUSSION.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1512021063-BAB V CLOSURE.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021063-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi PRQST terhadap pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 4 Singaraja pada tahun ajaran 2019/2020. Dengan mengadopsi bentuk penelitian quasi-experimental post-test only, penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel yang ditentukan dengan tehnik cluster random sampling. Masing-masing kelompok tersebut terdiri dari 39 siswa sekolah menengah atas. Kelompok pertaman yaitu kelas X MIA 1 diajar menggunakan strategi konvensional, sedangkan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kedua diajar menggunakan strategi PQRST. Terdapat delapan kali pertemuan yang dilakukan termasuk pemberian sebuah post-test. Siswa diberikan materi recount text secara umum, teks biografi idola, dan teks biografi pahlawan sebagai topik bacaan. Penelitian ini berfokus pada empat aspek membaca, yaitu ide pokok bacaan, informasi khusus, arti kata dan referensi tekstual. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan independent sample t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara penggunaan strategi PQRST dengan strategi konvensional dalam pemahaman membaca siswa dengan nilai Sig. 2 tailed .000 (p < 0.05). Hal ini juga didukung dengan nilai rata-rata kelompok experimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dari hasil tersebut, guru dapat memilih untuk menggunakan strategi PQRST dalam mengajar membaca, terutama dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa, mengingat strategi ini memberikan pengelolaan waktu yang lebih baik kepada siswa dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap sebuah teks bacaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi PQRST, pemahaman membaca, strategi membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Maha Dana Jaya |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5421 |
Actions (login required)
View Item |